-->

Notification

×

Iklan

New-Slide

Iklan

New-Slide

Pakasa Cabang Kebumen Menyelamatkan Al Quran Tulisan Tangan Abad 18

Rabu, 16 Februari 2022 | Februari 16, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-02-26T10:19:37Z


 Pakasa cabang kebumen selain bergerak di edukasi dan pelestarian budaya,juga bergerak menggali sejarah lokal Kabupaten Kebumen.

Tidak hanya menyusun data sejarah,tim dari Pakasa cabang kebumen yang beranggotakan KRAP.Arif Priyantoro, KRT.Hargo Yohanes,RT.Imam Muthoha. juga mulai melakukan penyelamatan artefak,dia ntaranya menyelamatkan Al Quran tulisan tangan abad 18 awal yang di temukan di Somelangu.

Proses penyelamatan Al Quran ini juga cukup panjang karena sudah 7 tahun di rawat salah satu kerabat dalem Kasultanan Yogyakarta.Tetapi berkat pendekatan yang di lakukan dengan baik,akhirnya Al Quran bisa di bawa kembali ke kebumen.

Dalam proses identifikasi,Pakasa cabang Kebumen juga bekerjasama dengan tim perpustakaan Mangkunegaran Rekso budoyo yang di pimpin oleh ibu R.Ngt.Ng.Dra.Darweni,M.Hum


Menurut keterangan tim dari Mangkunegaran Al Quran berbahan Dluang lokal,dan sudah memakai beberapa tanda serta warna.Dalam penjilidan masih menggunakan benang,dan sampul depan berbahan kulit.Hal tersebut sesuai dengan beberapa data pembanding yang di tulis di abad 18.

Penggalian data serta penyelamatan benda bersejarah,semoga tidak hanya di lakukan Pakasa tetapi juga di lakukan oleh komunitas masyarakat yang lain.Dengan demikian akan semakin banyak yang terselamatkan.

[Red - AP]

Posting-Web
Iklan-ADS
Iklan-ADS
×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini