-->

Notification

×

Iklan

New-Slide

Iklan

New-Slide

Kebangkitan seni budaya ketoprak dan imprak jepara

Rabu, 14 September 2022 | September 14, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-14T14:45:08Z




Media sucaindo.com kabupaten jepara-jawa tengah

Terbentuknya Paguyuban Seniman Ketoprak dan Emprak Se Kabupaten Jepara merupakan titik awal kebangkitan dari mati surinya seni budaya  Kethoprak dan Emprak di Jepara.

Sehingga dengan terbentuknya wadah tersebut memberikan angin segar bagi para pelaku seni budaya khususnya Kethoprak dan Emprak agar memiliki langkah  kedepan secara terarah dan terukur.



Tentunya didasari atas niat kuat serta semangat para pelaku seni itu sendiri terang Akhlis Junaidi selaku tokoh penggiat Seni Budaya Jepara sekaligus mantan DPRD Kabupaten Jepara mengawali Jagong Bareng Bersama Para Pelaku Seni Kethoprak Mekar Budaya dan Emprak Sido Mukti beserta Pengurus Dewan Kesenian Jepara serta  didukung para tokoh penggiat seni budaya yang lain di Jepara di salah satu rumah Tokoh Penggiat Seni Budaya, Abah Kholil, Desa Kecapi Tahunan Jepara (13/09/2022)



Tujuan diadakannya Jagong Seni Budaya ini mengangkat nasib para pelaku seni budaya tersebut yang telah mengabdi lama  demi langgengnya seni budaya Ketoprak dan Emprak sambungnya.

 Melalui jagong seni budaya diharapkan dapat menjadi sarana untuk melakukan konsolidasi, membahas langkah langkah kedepan mengenai permasalahan yang timbul untuk mendapatkan jalan keluar imbuhnya.


Kendala yang dihadapi para pelaku seni budaya Kethoprak Mekar Budaya  dan Emprak Sido Mukti saat  ini salah satunya mengenai pengadaan kostum, kelengkapan gamelan, belum diberikannya kesempatan tampil dalam setiap kegiatan kegiatan yang diadakan oleh Pemkab Jepara.


Dengan adanya kendala tersebut maka Akhlis Junaidi  merangkul Pengurus Dewan Kesenian dan para Tokoh Penggiat Seni Budaya Jepara untuk melakukan pendampingan kepada rekan rekan pelaku seni budaya tersebut, dan terbentuklah PENGURUS PAGUYUBAN SENIMAN KETOPRAK DAN EMPRAK SEKABUPATEN JEPARA dimana Maryoto selaku Ketua Paguyuban.

 Paguyuban tersebut dimotori pula para tokoh penggiat Seni Budaya Jepara yakni Abah Kholil, Nurkan, H Budi, Sunarto Patih dan Winarto selaku pengurus Dewan Kesenian Jepara.

 Dengan demikian dalam waktu dekat Paguyuban Seniman Kethoprak dan Emprak se Kabupaten Jepara segera melakukan audensi dengan Pj Bupati Jepara dan DPRD Jepara.

Dengan adanya wadah tersebut akan memperkuat rekan rekan pelaku seni budaya Ketoprak dan Emprak mewarnai perhelatan seni budaya sebagai kearifan lokal  sehingga dapat maju, berkembang dan sejahtera tukas Nurkan.



Di pihak lain, dengan terbentuknya Paguyuban Seniman Ketoprak dan Emprak Se Kabupaten Jepara merupakan bukti bahwa Pemkab Jepara ikut handarbeni ( uri uri ) terhadap Seniman khususnya Ketoprak dan Emprak tutup Winarto selaku Pengurus Dewan Kesenian Jepara.


Kabiro jepara : suroto

Posting-Web
Iklan-ADS
Iklan-ADS
×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini